Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pertanyaan Wawancara Tentang Kebersihan Lingkungan


Contoh Pertanyaan Wawancara Tentang Kebersihan Lingkungan

Contoh wawancara tentang menjaga kebersihan lingkungan minimal 8 pertanyaan

Daftar Isi

1. Contoh wawancara tentang menjaga kebersihan lingkungan minimal 8 pertanyaan


tumbuhan apa saja yg anda tanam?,apa manfaat menjaga kebersihan lingkungan?,apa fungsi menjaga kebersihan lingkungan?,mengapa anda menjaga kebersihan lingkungan?,bila anda menanam bunga anggrek bagaimana caranya berkembangbiaknya?,bagaimana jadinya bila lingkungan menjadi bersih?,bagaimana bila lingkungan kotor?,oksigen termasuk apa?tumbuhan

2. contoh pertanyaan wawancara 5w + 1h dengan petugas kebersihan lingkungan sekitar


harus add ceritanya dulu tentang petugas kebersihan lingkungan sekitar baru pertanyyaanya 5w+1h...-Siapa nama bapak? -Apa saja yg biasa bapak lakukan untuk mambersihkan lingkungan? -Sejak kapan memulai profesi ini? -Dimana saja terdapat sampah yg menumpuk? -Mengapa bapak memilih profesi ini? -Bagaimana keadaan lingkungan sebelum dibersihkan?

3. Contoh 7 pertanyaan wawancara kepada ketua RT tentang kebersihan lingkungan


1. apa tujuan membersihkan lingkungan ini?

2. hari apa saja untuk membersihkan lingkungan ini?

3.siapa saja yang membersihkan lingkungan ini?

4. mengapa di adakan kegiatan ini?

#maaf cuma bisa bantu itu saja, maaf klo salah kak -bagaimna cara bpak mendsiplinkan warga untuk slalu bergotong royong
-bgaimna cara bpak
mghukum warga yg suka mmbuang sampah smbrangan
-bgaimna supaya smua warga semngat utk bekerja bakti
-bgaimna supaya tidak ad warga yg tdk ikut dlm pelestarian lingkungan

hnya itu sja yg sya thu...

smoga bermanfaat

4. IEMA1. Menjaga lingkungan merupakan kewajiban seluruh2. Peduli terhadap lingkungan merupakan wujud sikap sebagai manusia yang -...3. Wawancara bertujuan untuk mendapaikan...4. Dalam laporan hasil wawancara, nama narasumber dan pewawancara kita tuliskan padabagian5. Tumbuhan yang tidak terawat mudah terserang6. Hewan yang terawat memiliki mata yang ----7. Pihak yang diuntungkan dengan adanya pupuk kompos adalah8. Kegiatan membuat pupuk kompos merupakan contoh sikap lingkungan9. Potongan gubar bunga, kegiatan menanam dan menyiram tumbuhan dapat dirangkaimenjadi monlase bertema10. Potongan-potongan gambar yang disusun menjadi montise biasanya dapat membentukrmgkaian11. Peduli terhadap lingkungan merupakan wujud sikap sebagai manusia yang12. Siswa wajib menjaga kebersihan di lingkungan rumah, masyarakai, dan13. Wawancara bertujuan untuk mendapatkan14. Kalimat pertanyaan dalam wawancara sebaiknya disesuaikan dengan15. Pertumbuhan tidak normal pada tumbahin ymg tidak terawat ditandai dengan16. Lahan kosong yang tidak digunakan dan tidak terawat menychalk tarah menjadi17. Pupuk yang terbunt dari daun kening dan kotoran ternak disebu pupuk18. Perlaatikan gambar berikut!Gambar tersebut menipakain conluh sikaplingkungan ,19. Salah satu cara meningkatkan keterampilan apresiasi yaitu sering mengunjungi dan melihatkarya seni20. Ketika kita menilai sebuah karya seni dan telah dipengaruhi oleh perasaan pribadi berani kila​


Jawaban:

warga/masyarakatbertanggung jawabuntuk menyampaikan informasi kepada oranglain.pada bagian nama pewawancara dan narasumber ( bagian ini digunakan untuk menerangkan nama pewawancara dan narasumber)hama penyakitmata yang jernihtumbuhan/tanamanpeduli lingkungan / ramah lingkunganpemandangan desagambarbertanggung jawablingkungan sekolahmendapatkan informasi terpercaya dari narasumbertopik dan tujuan wawancaraadanya gulmadikelola mejadi kebun atau ladangkompos(maafgaktaukarnagakadagambarnya)pameranmenilai tanpa syarat


5. 1. Sebutkan 3 contoh sikap cinta lingkungan!2. Kita mempunyai kewajiban untuk peduli lingkungan, tetapi tidak semua orang sadar akan halmu Salah san contoh akibat dan ndak peduli lingkungan yaitu banjir yang disebabkan oleh3. Sebutkan 3 hal untuk mencegah tejadinya banjur4. Salah satu bentuk cinta lingkungan yaitu dengan cara menjaga kebersihan lingkungan Apamanfaat menjaga lingkungan5. Apa saja yang perlu di persiapkan sebelum melakukan wawancara dengan narasumber?6. Berkan 3 contoh pertanyaan yang dapat diajukan korban kebakaran7. Sebutkan 3 unsur dalam wawancara ?8. Perhatikan cuplikan percakapan berikut!Apa ung meryadi kendala dalam menanam padi pakB Untuk saat ini perubahan yang ada moment dan mak dapat passehingga sangat memulakan kami dalam momentan langkah yang kami ambalmenanam padi .4 Bagaimana bapak memutar keadaan tersehuB Ya kami tetep melakukannya karena sudah menjadi pekerjaan kumi walaupunpada hasil panen tidak menent, kadang juga karena tiba tiba hajam berstanaman padi kita tergan air dan kita gagal panenNarasumber dalam cuplikan percakapan diatas yaitu seorang9. Salah satu cara menghijaukan lahan dengan menanam tanaman tanaman yang bermanfaat,misalnya tanaman obat. Contoh tanaman obat yaitu10. Apakah yang dimaksud dengan rebossasa?​


Jawaban:

cara kita mencintai lingkungan adalah antara lain:Membuang sampah pada tempatnya, tidak membuang sampah sembarangan.Membuang sampah sesuai jenisnya agar mudah didaur ulang.Menghemat pemakaian kertas.Menanam pohon serta merawat dan menjaga pohon karena pohon butuh waktu lama untuk tumbuh.

2. Pembuangan sampah di sungai, karena kita tidak boleh membuang sampah di sungai, di kali, di selokan dan lain lain karena hal itu membuat bencana banjir.

3. Cara Menanggulangi banjir

Membuang sampah pada tempatnya dan pada tempatnya (mengetahui jenis sampah organik (sampah asli yang berasal dari tumbuh-tumbuhan: seperti, sisa-sisa nasi, kulit pisang, kulit pepaya (kates), daun yang jatuh dari ranting pohon. Sampah nonorganik (sampah yang tidak asli berasal dari bahan kimia/pembuatan dari pabrik: seperti, plastik, kertas, dll). Menjaga lingukungan sekitar. Yang utama adalah menjaga lingkungan sungai atau selokan, sungai sebaiknya di pelihara dengan baik.Hindari membuat rumah di pinggiran sungai.Melaksanakan program tebang pilih dan reboisasi.Rajin Membersihkan Saluran Air.

4. =>1. Mulai dari Lingkungan Rumah

=>2. Mendaur Ulang

=>3. Pembuatan Pupuk Kompos

=>4. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

=>5. Gotong Royong

5. Hal-hal yang harus dipersiapkan dalam wawancara adalah sebagai berikut:

Pewawancara harus menentukan dan memastikan kehadiran narasumber.Pewawancara harus menentukan dan memastikan kehadiran narasumber.Pewawancara harus menentukan topik dan menyampaikannya kepada narasumber.Pewawancara harus menentukan dan memastikan kehadiran narasumber.Pewawancara harus menentukan topik dan menyampaikannya kepada narasumber.Pewawancara harus menentukan tempat dan waktu melakukan wawancara.

6. 1. Apa penyebab kebakaran tersebut?

2. Kapan peristiwa kebakaran itu terjadi?

3. Selain kamu,siapa lagi yang menjadi korban kebakaran tersebut?

7. Unsur-unsur dalam sebuah wawancara yaitu:

Ada pewawancara;Ada narasumber;Ada pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan tema.

8. Seorang petani (Petani yang memberitahukan bagaimana disaat keadaan gagal panen).

9. -Kunyit

-kencur

-Jahe

-Temulawak

-Kapulaga

-Jintan hitam

-Kayu manis

-Lengkuas

10. reboisasi (penghijauan) merupakan penanaman hutan kembali, yakni hutan yang sudah gundul agar dapat berfungsi dengan baik, yakni sesuai dengan peruntukkannya lagi.

#Semoga dapat membantu ^ ^

#BACKTOSCHOOL2020


6. 1.Menyusun daftar pertanyaan wawancara dilakukan sebelum melakukan wawancara. Daftar pertanyaan yang akan ditanyakan sebaiknya diurutkan dari hal umum ke hal yang khusus. Gunakan kata tanya yang sesuai dengan hal yang ingin ditanyakan. Setelah membuat daftar pertanyaan kepada narasumber secara berurutan. Bagaimana tahapan-tahapan dalam wawancara? Jelaskan! 2. Kita harus melaksanakan kewajiban untuk menjaga lingkungan. Jika tidak melaksanakannya akan muncul dampak yang merugikan diri sendiri dan masyarkat. Sebutkan tiga contoh kegiatan yang menunjukkan kewajiban menjaga kebersihan lingkungan! 3. Kita harus peduli terhadap kelestarian sumber daya alam dan lingkungan yang ada disekitar kita. Contohnya peduli terhadap hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan memberikan banyak manfaat kepada manusia. Tumbuhan yang tidak terawatt mudah terserang hama dan penyakit. Hewan yang tidak terawat juga mudah terserang penyakit. Tuliskan ciri-ciri hewan yang tidak terawat! 4. Allah menciptakan sumber daya alam agar dapat dimanfaatkan oleh manusia. Sebagai manusia kita harus menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam tersebut. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam. Kita memulainya dari hal kecil hingga yang besar. Bagaimana caramu sebagai siswa dalam melestarika sumber daya alam!​


Jawaban bagaimana kabar anda? Dimana bapak memanen pertanian?mengapa bapak bisa memanen sebnayak 1000gr

Maaf kalo salah

Penjelasan:


7. DIJAWAB YA PLEASEPLEASE DIJAWAB SUSAH BANGET.HELP ME/TOLONG AKU. soalnya dibawah! 1.tentukan informasi penting paragraf tersebut!jawab:2.buatlah contoh pertanyaan berdasarkan isi paragraf diatas! jawab:3.tulislah sebuah paragraf yang menceritakan tentang pentingnya kebersamaan dan kekeluargaan disekolah!jawab:4.buatlah contoh pamflet dengan tema lingkungan hidup! jawab:5.wawancarailah beberapa narasumber, antara lain siswa sekolah dan guru mengenai topik kebersihan lingkungan! buatlah daftar pertanyaan sebanyak 8-12 pertanyaan! gunakanlah bahasa yang santun!jawab:​


Jawaban:

1. Subak adalah organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur sistem pengairan sawah yang digunakan dalam cocok tanam di Bali Indonesia

2. Apa itu Subak ?

subak biasanya memiliki pura yang dinamakan ?

3. Pentingnya kebersamaan dan kekeluargaan memang diharuskan dan dijalin bersama sama . Jika kita menjakin kekeluargaan disekolah akan banyak sekali manfaatnya Maka dari itu Kita Harus Manjalin Kebersamaan dan kekeluargaan di sekolah . Coba bayangkan jika kita tidak menjalin kebersamaann dan kekeluargaan di sekolah ? pasti tidak ada manfaaf nya .

4. GERAKAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT BEBAS SAMPAH

5. A. BAGAIMANA CARA IBU MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH ?

B. SUDAH BERAPA LAMA IBU MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH ?

C. BERAPA TAHAP UNTUK MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN SEKOLAH ?

D, BERAPA ORANG YANG IKUT MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN SEKOLAH ?

E, SETIAP HARI APA SAJA IBU / BAPAK MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN ?

F. APA YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH ?

G. BU , APAKAH BISA IBU MENUNJUKKAN CARA KERJA UNTUK MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN SEKOLAH ?

H. SIAPA SAJAKAH YANG HARUS IKUT SERTA DALAM KEGIATAN MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN SEKOLAH ?

maaf Kalau Ada yang salah

semangat

Jawaban:

1.Informasipenting:Subak adalah organisasi pengaturan sistem pengairan sawah di Bali, yang memiliki pura Uluncarik sebagai persembahan bagi Dewi kemakmuran dan kesuburan menurut kepercayaan Bali.

2.Pertanyaan:

Apa yang dimaksud dengan Subak?Kenapa Subak memiliki pura?

3.PentingnyaKebersamaandanKekeluargaandiSekolah:

Sekolah merupakan tempat belajar dan mengajar untuk para siswa. Tidak hanya pelajaran umum, melainkan kita juga diajari untuk memiliki sifat kebersamaan dan kekeluargaan. Sifat ini begitu penting diajarkan, karena untuk membentuk kepedulian kepada sesama, kekompakan, bergotong royong, dan saling mengingatkan. Agar ke depannya, terbentuklah siswa-siswi yang cerdas dalam ilmu dan kemasyarakatan.

4.(saranku, kamu membuat pamflet dengan tips cara memilah sampah yang benar).

5.PertanyaanWawancara:

Menurut Anda, bagaimana keadaan lingkungan sekolah kita?Apa yang ada di pikiran Anda tentang penyebab kerusakan lingkungan sekolah kita?Bagaimanakah cara Anda menyikapi hal tersebut?Siapa menurut Anda yang harus bertanggungjawab akan hal ini?Kita beralih ke kelebihan. Apa saja kelebihan yang dipunyai di lingkungan sekolah kita?Alasannya mengapa?Pendapat Anda, apakah kelebihan-kelebihan tersebut sudah bagus apa perlu ditingkatkan?Jika perlu ditingkatkan, bagaimana langkah-langkah yang perlu kita ambil?

Penjelasan:

semoga membantu


8. Bacalah teks Wawancara berikut : Berikut ini adalah contoh dari wawancara tentang lingkungan di sekolah. *Shahila* : “Selamat pagi, Pak. Apa saya boleh mewawancarai Bapak sebentar? Ada yang hendak saya tanyakan tentang kebersihan di lingkungan sekolah ini, Pak.” *Kepsek* : “Selamat pagi, Nak. Tentu saja boleh.” *Shahila* : “Baik, Pak. Saya Shahila dari kelas 10 A. Sekolah Kita ini bersih sekali ya, Pak? Apa kebijakan yang sekolah berikan?” *Kepsek* : “Saya sangat bersyukur mengetahui banyak anak-anak di sekolah ini yang sayang terhadap lingkungan. Mereka bahkan rutin melakukan kerja bakti dengan inisiatifnya sendiri. Jadi ya saya tinggal mengarahkan dan mengawasi saja.” *Shahila* : “Lalu, apakah ada peraturan khusus dari pihak sekolah untuk mengatur kebersihan yang ada?” *Kepsek* : “Pihak sekolah menegaskan untuk menjaga lingkungan demi kenyamanan bersama. Kalau bicara tentang aturan khusus, sekolah melarang penggunaan kendaraan bermotor kecuali dengan izin khusus dari sekolah. Dan izin tersebut tidak bisa diberikan kepada sembarang orang. Hanya mereka yang rumahnya terlalu jauh dari sekolah, atau mereka yang dalam kegiatannya di sekolah memerlukan transportasi.” *Shahila* : “Lalu bagaimana dengan program adiwiyata yang digagas oleh pemerintah, Pak? Apakah sekolah ini menerapkan kebijakan tentang kebersihan lingkungan hanya saat ajang tersebut berlangsung?” *Kepsek* : “Tentu saja tidak. Kami bersama dengan para guru, staff, dan juga murid yang ada berusaha untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekolah ini, dengan atau tidak adanya program adiwiyata. Lagi pula, bukankah seharusnya kebersihan sekolah ini menjadi mindset dan bukan ajang pamer? Apa gunanya pamer piala kebersihan jika sekolah tidak benar-benar bebas dari sampah dan polusi? Karenanya, Kami selalu menegaskan bahwa menjaga lingkungan sekolah tetap bersih itu sama pentingnya dengan belajar.” *Shahila* : “Baik, Pak. Terimakasih atas waktu yang sudah disediakan. Saya pamit masuk kelas dulu.” *Kepsek* : “Sama-sama, Nak.” *Berdasarkan wawancara di atas silahkan membuat laporan hasil wawancara* TOLONG DI BANTU------​


Laporan hasil wawancara berdasarkan teks diatas :

Shahila mewawancarai kepala sekolah yaitu tentang kebersihan lingkungan sekolah dan kepala sekolah-pun juga memberikan arah serta mengawasi siswa-siswi nya untuk menjaga lingkungan sekolah supaya tetap bersih dan nyaman seperti rutin melakukan kerja bakti dengan inisiatifnya sendiri.

Penjelasan

Wawancara merupakan kegiatan yg biasa dilakukan , tujuan dari wawancara adalah memperolehinformasiberdasarkanketerangannarasumberyg diwawancarai .

Biasanya media tv-lah yg menyajikan wawancara berupa tayangan berita , tidak hanya di media tv saja di radio dan koran pun juga ada kegiatan wawancara perbedaan-nya koran menggunakan tulisan dan ilustrasi sedangkan radio menggunakan suara

#TingkatkanPrestasimu

Pada tanggal 11 Mei 2013 saya berhasil melakukan wawancara dengan salah satu guru SMA Negeri 80 Jakarta dengan topik “pencemaran lingkungan” . Berikut adalah hasil dialog saya dengan narasumber .

P : Pewawancara N : Narasumber

P : “Selamat siang bu . Boleh saya minta waktu sebentar untuk mewawancarai

ibu? Apa kedatangan saya mengganggu?"

N : “Oh tidak . Saya senang sekali menjadi narasumber”

P : “Menurut ibu , pengertian pencemaran lingkungan itu apa?”

N : “Menurut saya , pencemaran adalah suatu kondisi dimana lingkungan itu

menjadi tidak semestinya . Dan lingkungan itu pada akhirnya dapat meracuni

manusia”

P : “Jenis – jenis pencemaran lingkungan yang ibu tahu itu seperti apa?”

N : “Yang saya tahu itu pencemaran air, udara, hutan, dan ekosistem mungkin di

dalam hutan lindung tapi itu dalam skala yang lebih besar”

P : “Bisa ibu jelaskan satu contoh pencemaran lingkungan?”

N : “Contohnya itu pencemaran air yang dilakukan oleh masyarakat . Misalnya

orang sehabis mencuci pakaian itu kan memakai detergen, sedangkan detergen

itu mengandung bahan kimia , maka air yang dibuang itu akhirnya sampai ke

kali atau sungai . Kalau di kota , pencemaran yang terjadi adalah udara”

P : “Bagaimana cara mencegah pencemaran lingkungan itu ?”

N : “Menurut saya hanya ada satu cara . Yaitu kesadaran manusia itu sendiri.

Karena makhluk hidup yang diciptakan Tuhan dengan akal itu ya hanya

manusia”

P :“Apa peran serta SMA Negeri 80 dalam mencegah pencemaran lingkungan?”

N : “Pertama, dengan membuang sampah pada tempatnya . Sampah – sampah

tersebut harus kita pilah, yang mana organik dan non organik . Kedua, adanya

larangan merokok di lingkungan sekolah ”

P : “Bagaimana menyadarkan siswa – siswi SMA Negeri 80 akan pencemaran

lingkungan ?”

N : “caranya dengan mensosialisasikan siswa – siswi SMA Negeri 80 akan

pentingnya lingkungan . Dan karena SMA Negeri 80 mengikuti lomba sekolah

adiwiyata , akan ada sanksi hukum untuk siswa yang membuang sampah

sembarangan”

Dari dialog wawancara diatas, saya mengambil kesimpulan bahwa pencemaran lingkungan pada dewasa ini sangat memprihatinkan . Pencemaran lingkungan dapat teratasi apabila setiap individu melakukan hal yang kecil seperti membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenisnya , organik dan non organik .


9. berikut ini Contoh pertanyaan wawancara untuk mengetahui perilaku warga dalam menjaga lingkungan yang tepat adalah A Bagaimana peran serta warga dalam menjaga kebersihan lingkungan B Dimana letak tempat sampah C Apa manfaat menjaga kelestarian lingkungan D Kapan musyawarah warga dalam melaksanakan​


Jawaban:

a. Bagaimana peran serta warga dalam menjaga kebersihan lingkungan?

Penjelasan:

semoga benar yaa

Jawaban:

A.bagaimana peran serta warga dalam menjaga kebersihan lingkungan


10. 5.Berikut ini yang bukan merupakan kerja sama untuk menjaga dan melestarikan lingkungan adalah .... a. Melaksanakan kerja bakti secara rutin b. Melakukan reboisasi secara bersama-sama c. Saling mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan d. Melakukan perburuan liar secara serentak 6.Wulan mempunyai hak untuk bermain di tempat yang bersih, kewajiban Wulan adalah .... a. Memberihkan lingkungan b. Belajar yang rajin c. Mandi sampai bersih d. Belajar dengan sungguh-sungguh 7.Reboisasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjaga dan melestarikan alam dengan cara .... a. Mendaur ulang barang bekas b. Membuat lahan pertanian c. Menanam pohon kembali d. Menggunakan produk ramah lingkungan 8.Usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi banyaknya sampah plastik adalah dengan cara .... a. Dibakar b. Didaur ulang c. Dipendam dalam tanah d. Dibuang ke sungai 9.Antara hak dan kewajiban, harus berjalan .... a. Seimbang b. Tidak seimbang c. Tumpang tindih d. Berat sebelah 10.Berikut ini merupakan beberapa hal yang dilakukan saat wawancara berlangsung, kecuali .... a. Mencatat informasi dari narasumber b. Merekam wawancara dengan tape recorder c. Memperhatikan narasumber menyampaikan informasi d. Membuat pertanyaan untuk diajukan ke narasumber 11.Contoh kalimat wawancara yang paling sopan adalah .... a. Saya bertanya, Pak ? b. Saya tanya, Pak ? c. Tanya, Pak ? d. Bolehkah saya bertanya, Bapak ? 12.Bahasa yang digunakan saat melakukan wawancara harus .... a. Sesuka hati b. Kasar c. Sopan d. Berbelit-belit 13.Wawancara yang dilakukan dengan tidak merahasiakan informasi mengenai narasumber dan pertanyaan yang tidak terbatas disebut .... a. Wawancara kelompok b. Wawancara terbuka c. Wawancara konferensi d. Wawancara tertutup 14.Orang yang dijadikan sebagai narasumber adalah orang yang .... a. Ahli b. Tidak ahli c. Tidak berpengalaman d. Tidak mengerti


Jawaban:

5 D. Melakukan Perburuan Liar Secara Serentak

6 A. Membersihkan Lingkungan

7 C. Menanam Pohon Kembali

8 C. Dipendam dalam tanah klo gakk Di daur ulang Jawabannya antara B dan C :v

9 A. Seimbang

10 B. Merekam Wawancara Dengan Tape Recorder

11 D. Bolehkah Saya Bertanya, Pak?

12 C. Sopan

13 B. Wawancara Terbuka

14 A. Ahli

Penjelasan:

Semoga Membantu:)

Jawaban:

5. d. Melakukan perburuan liar secara serentak

6. a. Membersihkan lingkungan

7. c. Menanam pohon kembali

8. b. Didaur ulang

9. a. Seimbang

10. b. Merekam wawancara dengan tape recorder

11. d. Bolehkah saya bertanya, Bapak ?

12. c. Sopan

13. b. Wawancara terbuka

14. a. Ahli.

#no copas

Semoga membantu ^-^


11. PPKN1. perhatikan pernyataan berikut!(1) menggunakan untuk bercocok tanam padi secara terus menerus(2) mendirikan bangunan di atasnya(3) melakukan reboisasi di lereng gunung(4) mengolah limbah sebelum dibuangcontoh kewajiban manusia ditunjukkan pada nomor...a. (1) dan (2)b. (2) dan (3)c. (3) dan (4)d. (4) dan (1)2. supaya mendapatkan udara bersih maka kewajiban yang harus dijalankan adalah...a. melestarikan tumbuhanb. membayar pajak dengan jumlah lebihc. menyayangi binatangd. membakar sampah setiap hari3. berikut Yang termasuk hak terhadap lingkungan adalah...a. menyirami tanamanb. membersihkan selokanc. mendapatkan udara segard. menanam pohon di hutan4. warga desa sukamaju menggantung kan hidupnya pada hasil laut.sebaik besar masyarakat berprofesi sebagai nelayan dan berdagang ikan serta hasil olahan ikan. hal itu menunjukkan bahwa masyarakat desa sukamaju...a. merusak lingkunganb. melaksanakan kewajiban terhadap lingkunganc. mendapatkan haknya atas sumber daya alamd. tidak mau berusaha5. jika hutan gundul, kewajiban manusia adalah...a. melakukan reboisasib. menanami jagungc. membakar hutand. memanfaatkan untuk pertanian1. siapa saja yang berhak menggunakan sumber energi di Indonesia...2. apa yang terjadi bila kita tidak peduli terhadap lingkungan...3. apa kewajiban Kita terhadap hewan yang hampir punah...4. bagaimana kah bentuk tanggung jawab masyarakat terhadap air...5. mengapa penebangan liar termasuk perbuatan yang melanggar pemenuhan kewajiban terhadap hutan...BAHASA INDONESIA1. Perhatikan pernyataan berikut!(1) informasi tentang narasumber(2) kesimpulan(3) pendapat pewawancara(4) pertanyaan yang diajukanhal hal yang harus dicantumkan dalam laporan wawancara ditunjukkan pada nomor...a. (1)b. (2) dan (3)c. (1), (2), dan (4)d. (1), (2), (3) dan (4)2. Andi sedang mengumpulkan informasi tentang hasil panen padi. sebaiknya Andi melakukan wawancara dengan...a. karyawan tokob. petanic. pedagang berasd. pedagang nasi3. sumber informan dalam kegiatan wawancara adalah...a. wartawanb. narasumberc. narahubungd. pewawancara4. syarat utama orang dipilih jadi narasumber adalah...a. menguasai masalahb. dekat dengan pewawancarac. ditunjuk oleh yang berwenangd. mempunyai kedudukan tinggi5. tugas akhir dari pewawancara adalah...a. membuat pertanyaanb. membuat jawabanc. menyajikan hasil wawancarad. melakukan wawancara1. sebutkan etika yang harus diperhatikan saat melakukan wawancara...2. apa yang kamu ketahui tentang wawancara...3. apa tujuan dilakukannya wawancara...4. perhatikan penggalan wawancara berikut!PENEBANGAN HUTAN MENJADI PENYEBAB UTAMA KERUSAKAN HABITAT KUPU-KUPU. SETIAP JENIS KUPU-KUPU SANGAT TERGANTUNG PADA JENIS POHON TERTENTU. JIKA JENIS POHON YANG DITEBANG MAKIN BANYAK, JENIS KUPU-KUPU DI INDONESIA AKAN MAKIN BERKURANG. JULUKAN SEBAGAI " NEGERI KUPU-KUPU " BAGI INDONESIA PUN TIDAK SESUAI LAGI.Buatlah kalimat tanya yang sesuai dengan jawaban wawancara tersebut!5. jelaskan Yang Dimaksud 5W+1H dalam daftar pertanyaan!hhh....dah gitu aja soalnya.Jawab Secepatnya Dengan Singkat Dan Benar ❤️​


Jawaban:

bahasa Indonesia

1.c. 3 dan 4

2.b.petani

3.b.narasumber

4.a.menguasai masalah

5.c.menyajikan hasil wawancara

5. 1 why:kenapa

2 what :apa

3 where: di mana

4 who : siapa

5 when : kapan

1 How : bagaimana


12. buatlah 3 contoh daftar pertanyaan untuk wawancara mengenai topik "kebersihan lingkungan"​


Jawaban:

1. Menurutmu apa arti penting kebersihan lingkungan buatmu ?

2. Cara apa saja yang di lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan ?

3. Siapa saja yang berkewajiban untuk menjaga kebersihan lingkungan buatmu ?

Jawaban:

-apa itu kebersihan lingkungan bagimu ?

-bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan ?

-mengapa kita harus membersihkan lingkungan ?

*maaf jikalau jawabannya salah ^^


13. Buat contoh wawancara dengan tema kebersihan lingkungan sekolah pertanyaannya menggunakan W5 + H1 tolong dijwb secepatnyaa yaa


1. apa yg menyebabkan kebersihan lingkungan di sekolah sangat sulit untuk dicapai?
2. kapan waktu yg tepat untuk membiasakan diri bersikap peduli terhadap lingkungan sekitar?
3. siapa saja yg berperan di dalam kegiatan kebersihan lingkungan sekolah?
4. dimana saja kita dapat menerapkan sikap peduli terhadap lingkungan sekolah?
5. mengapa kita harus membiasakan hidup bersih dan peduli terhadap lingkungan?

6. Bagaimana pendapat anda tentang kebersihan lingkungan disekolah?

14. Berikut ini contoh pertanyaan wawancaracara untuk mengetahui perilaku wargadalam menjaga lingkungan yang tepatadalah ...a. Bagaimana peran serta warga dalammenjaga kebersihan lingkungan?b. Di mana letak tempat sampah?C. Apa manfaat menjaga kelestarianlingkungan?d. Kapan musyawarah warga dilaksanakan?​


Jawaban:

a. Bagaimana peran serta warga dalam menjaga kebersihan lingkungan?


15. 1. Wawancara adalah ... 2. Pemberi informasi disebut dengan... 3. Untuk mengetahui keadaan lingkunganmu kamu dapat mencari narasumber seorang... 4. Bahasa yang digunakan dalam wawancara sebaiknya ... 5. Informasi yang diperoleh jika narasumber seorang petani adalah ... 6. Peralatan yangn digunakan seorang wartawan untuk melakukan wawancara adalah ... 7. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan wawancara? 8. Contoh hal yang harus dihindari saat melakukan wawancara adalah ... 9. Hasil wawancara dapat kita tulis dalam bentuk... 10. Jika kita ingin mendapat informasi tentang SDA laut maka kita mencari narasumber seorang... 11. Seorang pengrajin pengolah limbah sampah sebagai seorang nara sumber akan memberikan informasi tentang ... 12. Informasi tentang jumlah pasien penderita corona dapat diperoleh dari seorang... 13. Sebutkan macam-macam kata tanya yang biasa digunakan dalam wawancara... 14. “Setiap hari jumat kami mengadakan kegiatan jumat bersih untuk membersihkan lingkungan”. Buatlah kalimat pertanyaan dengan jawaban tersebut... 15. “ kami mengukur suhu tubuh setiap pengunjung yang datang” informasi yang didapat berasal dari narasumber seorang ... 16. Buatlah kalimat dengan kata siapa... 17. Buatlah kalimat dengan kata “Dimana”... 18. Buatlah kalimat dengan kata “Bagaimana”... 19. Contoh kalimat pembuka wawancara adalah ... 20. Contoh kalimat penutup wawancara adalah ...


Jawaban:

1. merupakan percakapan antara dua orang / lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara.

2. narasumber.

3. maaf sy tdk tahu jawabannya

4. bahasa yang benar

5. sawah, padi, jagung

6. alat perekam, buku tulis, bolpen, daftar pertanyaan

7. daftar pertanyaan yg akan diajukan ke narasumber, rekaman suara utk merekam hal - hal penting dari narasumber ( bila penting ), pewawancara harus menentukan topiknya, pewawancara harus menentukan tempat & waktu melakukan wawancara.

8. berbicara tentang hal negatif, tidak fokus, terdengar terlalu sombong dan percaya diri, tidak memiliki pendapat yang kuat, membanggakan diri yg selalu bekerja keras.

9. laporan

10. nelayan

11. maaf sy tdk tahu

12. tenaga medis ahli

13. apa, siapa, dimana, kapan, bagaimana

14. -

15. pemerintah

16. -

17. -

18. -

19. -

20. -

Penjelasan:

maaf ya kalau jawabannya slh


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Pertanyaan Wawancara Tentang Kebersihan Lingkungan"