Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Ajar Ipa Sd


Bahan Ajar Ipa Sd

Tolong buatkan pertanyaan tentang merencanakan pembelajaran ipa SD menggunakan bahan ajar dan media​

Daftar Isi

1. Tolong buatkan pertanyaan tentang merencanakan pembelajaran ipa SD menggunakan bahan ajar dan media​


Jawaban:

1.jelaskan dimensi-dimensi dari kualitas media pembelajaran

2.dalam menyikapi adanya media pembelajaran,apa yg harus dilakukan oleh murid


2. upaya apa saja yang harus dilakukan saat menyikapi permasalahan mengenai alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses kegiatan pembelajaran ipa di sd yang tidak memadai contohnya ruang lab ipa?


Jawaban:

yaitu dengan upaya untuk permasalahan tersebut adalah melaporkan kepada pementrian pendidikan supaya di tindak lanjuti

Penjelasan:

alasanya supaya mereka bisa belajar dalam pembelajaran ipa di ruang lab dengan melaporkan ke pihak pendidikan maka akan di tindak dan di kirimkan suatu fasitas yang belum ada SEMOGA MEMBANTU:)


3. Berikan contoh penerapan teori belajar bruner dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD pada KD IPA 3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaiatannya dengan indra penglihatan,materi pokok : sifat cahaya dapat menembus benda bening dengan memperhatikan A. Alat dan bahan B. Cara pelaksanaan pembelajaran


Berikan contoh penerapan teori belajar bruner dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD pada KD IPA 3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaiatannya dengan indra penglihatan,materi pokok : sifat cahaya dapat menembus benda bening dengan memperhatikan A. Alat dan bahan B. Cara pelaksanaan pembelajaran

Penyelsaian  

A. Alat dan bahan  

1. Gelas bening atau plastic bening

2. Korek api

3. Lilin

4. Kertas

5. Air

6. Untuk membuat dudukan :

* Paku dan Palu

* Kayu

B. Cara pelaksanaan pembelajaran

1. Menyiapkan alat dan bahan

2. Membuat dudukan dengan menggunakan kayu dan paku

3. Menempelkan lilin di ujung dudukan dan menyalakannya.

4. Meletakan gelas bening pada ujung dudukan dengan arah yang berlawanan lilin  pada jarak 25 cm. Dan mencatatkannya pada hasil pengamatan table.

5. Mengulangi lagi langkah empat dengan jarak yang berbeda yaitu 30 cm, 20 cm, dan 15 cm. Dan mencatatkannya pada hasil pengamatan table

6. Mengisi gelas bening dengan air sampai pada jarak 25 cm serta meletakan kertas dibelakang gelas. Dan mencatatkannya pada hasil pengamatan table

7. Mengulangi lagi langkah enam dengan jarak yang berbeda yaitu 30 cm, 20 cm, dan 15 cm. Dan mencatatkannya pada hasil pengamatan table

Pembahasan

Haloo adik adik yang ganteng ganteng dan cantik cantik balik lagi nih sama kakak kece. Gimana kabar kalian? Insyaallah sehat sehat terus yaa. Kali ini kakak a1m akan mencoba membantu menjawab pertanyaan ini ya, kuy deh dibaca pelan pelan biar masuk hati ya

• Persamaan cahaya

Cahaya merupakan merupakan suatu energy yang berbentuk gelombang elektromagnetik kasat mata yang panjang gelombangnya berada pada kisaran 380 750 nm. Pada bidang fisika, cahaya merupakan suatu radiasi gelombang elektromagnetik kasat mata maupun tidak. Cahaya disusun oleh suatu paket partikel yang disebut sebagai foton.

• Sifat-sifat cahaya

1. Cahaya dapat menembus benda bening

2. Cahaya dapat merambat lurus

3. Cahaya dapat dipantulkan

4. Cahaya dapat diuraikan

5. Cahaya apat dibiaskan

Demikian lah penjabar dari kakak, semoga dengan ilmu yang sedikiti ini dapat bermanfaat untuk adik adik semua.

Jangan lupa terus berusaha dan berdoa.

Pelajari lebih lanjut

1. Apa yg pengertian cahaya?

https://brainly.co.id/tugas/2577636  

2. Sebutkan dan jelaskan sifat sifat cahaya!

https://brainly.co.id/tugas/1745854

3. Sebutkan 6 sifat-sifat cahaya

https://brainly.co.id/tugas/2426591

-----------------------------

Detil jawaban

Kelas: 5 SD

Mapel: Biologi

Bab: Cahaya

Kode : 5.2.2008

Kata kunci: Cahaya, sifat-sifat cahaya, gelombang elektromagnetik, foton, radiasi

#AyoBelajar


4. dalam mendesain alat peraga IPA di SD meliputi merancang, memilih dan membuat alat peraga IPA yang sesuai untuk mengajarkan suatu konsep, prinsip dan teori_teori IPA di SD. apabila kita mempunyai konsep dasar" mengidentifikasi mapel IPA kelas 5 semester 1 . maka buatlah alat peraga yang sesuai dengan kompetensi dasar diatas, dengan urutan: a. alat dan bahan yang dibutuhkan b. prosedur pembuatan c. cara kerja alat peraga.​


Jawaban:

C

Penjelasan:

#Maaf kalau salah

#Semoga bermanfaat

SELAMAT PAGI.SELAMAT BERAKTIFITAS.SALAM SEHAT

5. Pelajaran SD kelas 4 pelajaran ipatema 2 ( selalu berhemat energi )subtema 2 ( macam macam sumber energi )pembelajaran 3BBM ( BAHAN BAKAR MINYAK ) 1. bagaimana supaya BBM ( bahan bakar minyak tidak cepat habis ) ? sebutkan paling sedikit 3 cara untuk menghematnya !tolong dijawab z besok dikumpul


1. dengan cara memanfaatkan SDA ( sumber daya alam)
2. menggunakan kendaraan jangan berlebihan
3. memilih bahan bakar yang irit dan terjamin kualitasnya1.tidak menggunakan kendaraan bermotor setiap hari
2.lebih memilih menggunakan kendaraan umum
3.tidak menggunakan kendaraan bermotor untuk bermain.hanya menggunakan kendaraan bermotor bila perlu

6. 1. Pak Dani merupakan guru kelas V SD Sukamaju. Beliau memiliki kesulitan dalam mengajarkan topik materi pada Tema 2 “Udara Bersih bagi Kesehatan”. Berdasarkan hal tersebut, Pak Dani berinisiatif untuk menyusun media pembelajaran berupa media grafis sehingga dapat membantu siswa dalam menguasai capaian pembelajaran. Diketahui capaian pembelajaran pada pembelajaran Tematik di kelas V SD. IPA : Melalui pengamatan pada media grafis, siswa dapat menyebutkan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan, minimal 2 buah organ. Bahasa Indonesia : Melalui pengamatan pada media grafis, siswa dapat menyebutkan informasi pada teks cerita anak “Si Kancil dan Buaya”, minimal 2 buah informasi. Buatlah konsep media grafis untuk pembelajaran tematik di atas dengan menggunakan model pengembangan program dan media ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan: a) Analysis b) Design c) Develop d) Implement e) Evaluate 20 2. Diketahui pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII pada topik materi “Teks Eksplanasi” memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut. 1. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menjelaskan pengertian teks eksplanasi. 2. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri teks eksplanasi, minimal 3 buah ciri. 3. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menyebutkan struktur teks eksplanasi, minimal 3 buah. 4. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menyebutkan informasi yang diperoleh dari teks eksplanasi, minimal 3 buah informasi. Buatlah sebuah kerangka/outline bahan ajar buku teks berdasarkan informasi di atas yang terdiri dari 3 tahapan: a) Tahap Desain b) Tahap Pengembangan atau Produksi c) Tahap Evaluasi 30 TPEN4205 2 dari 3 3. Pada proses pembelajaran IPA Kelas IX SMP, Bu Nina menggunakan media grafis untuk menjelaskan topik materi “Listrik dan Energi” kepada siswa. Berikut ini media grafis yang digunakan oleh Bu Nina. Sumber : Google Jelaskan bagaimana penerapan prinsip unity pada media grafis di atas berdasarkan aspek: 1) Keterkaitan 2) Kesatuan 10 4. Bu Dinda hendak menggunakan media display dalam bentuk diorama pada pembelajaran tematik di kelas VI SD. Adapun capaian pembelajarannya sebagai berikut. IPS : Melalui pengamatan pada media diorama, siswa dapat menjelaskan peristiwa proklamasi kemerdekaan RI. Bahasa Indonesia : Melalui pengamatan pada media diorama, siswa dapat menyebutkan informasi yang terdapat pada teks tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan RI Buatlah sebuah rancangan media diorama berdasarkan capaian pembelajaran yang disusun oleh Bu Dinda di atas yang terdiri dari 5 tahapan: a) Analisis kebutuhan media diorama b) Desain media diorama c) Pengembangan dan pengadaan medium diorama d) Penggunaan media diorama e) Evaluasi media diorama


Jawaban:

pak Dani menjelaskan sebuah tema 2udara bersih bagi kesehatan


7. dalam mendesain alat peraga IPa di SD meliputi merancang, memilih dan membuat alat perga IPA yang sesuai untuk mengajarkan suatu konsep, prinsip dan teori-teori IPA di SD. apabila kita mempunyai konsep dasar : "Mengidentifikasikan fungsi pernapasan organ pernafasan manusia". Mapel IPA kelas V/1, maka buatlah alat peraga yang sesuai dengan KD di atas, dengan urutan : a. ALat dan bahan yang dibutuhkan b. prsedur pembuatan c. cara kerja alat peraga


Jawaban:

●laporan hasil yang di buat

● mempersentasikan hasil karya di depan kelas

semoga membantu

maaf kalau salah


8. Bagaimana garis besar pembelajaran dalam pendekatan pemecahan masalah apabila dihadapkan pada KD ipa kelas v sd dengan kd 3.3 mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain : gaya otot, gaya listrik, gaya gravitasi dan gaya gesekan, topik materi : gaya gesekan, dengan memperhatikan : a. Alat dan bahan! b. Pendekatan dan prosedur


Jawaban:

A.alat&bahan

Semoga membantu:)❗


9. Dalam mendesain alat peraga IPA di SD meliputi merancang, memilih dan membuat alat peraga IPA yang sesuai untuk mengajarkan suatu konsep, prinsip dan trori-teori IPA di SD. Apabila kita mempunyai konsep dasar : “Mengidentifikasikan fungsi organ pernafasan manusia”. Mapel IPA kelas V/1, maka buatlah alat peraga yang sesuai dengan KD diatas, dengan urutan : a. Alat dan bahan yang dibutuhkan b. Prosedur pembuatan c. Cara kerja alat peraga


Penjelasan:

b prosedur pembuatan bbhj


10. dalam pembelajaran ipa di sd tentang perubahan wujud, guru menyiapkan seperangkap alat dan bahan seperti, bak, thermometer, pemanas air, dan es. setelah siswa selesai melakukan percobaan, siswa diminta untuk menjelaskan hasil temuannya. uraikanlah menurut pendapat anda tentang keterampilan yang dimilik oleh siswa tersebut !


Jawaban:

keterampilan trsb mereka sedang melakukan percobaan tentang tekanan suhu yg mengharuskan menggunakan termometer


11. 3.Dalam mendesain alat peraga IPA di SD meliputi merancang, memilih dan membuat alat peraga IPAyang sesuai untuk mengajarkan suatu konsep, prinsip dan trori-teori IPA di SD. Apabila kita mempunyaikonsep dasar: "Mengidentifikasikan fungsi organ pernafasan manusia". Mapel IPA kelas V/1, makabuatlah alat peraga yang sesuai dengan KD diatas, dengan urutan :a. Alat dan bahan yang dibutuhkanb. Prosedur pembuatanc. Cara kerja alat peraga​


Jawaban:

c.cara kerja alat peraga


12. Dalam mendesain alat peraga IPA di SD meliputi merancang, memilih dan membuat alat peraga IPA yang sesuai untuk mengajarkan suatu konsep, prinsip dan teori-teori IPA di SD. Apabila kita mempunyai konsep dasar : “Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.”. Mapel IPA kelas IV/1, maka buatlah alat peraga “Turbin tenaga air” yang sesuai dengan KD di atas, dengan urutan: a. Alat dan bahan yang dibutuhkan b. Prosedur pembuatan c. Cara kerja alat peraga ​


Jawaban:

b.prosedur pembuatan

Penjelasan:

semoga membantu


13. bagaimana garis besar pembelajaran dalam pendekatan pemecahan masalah, apabila dihadapkan pada kd ipa kelas V SD dengan KD 3.3 mengidentifikasi macam macam gaya, topik materi gaya gesekan dengan memperhatikan : a. alat dan bahan. b. pendekatan dan prosedur​


Jawaban:

Pendekatan dan prosedur


14. 2 Petunjuk : Baca dan cermati kasus pembelajaran IPA di bawah ini ! Pak Rahmat seorang guru kelas VI di SD Merdeka. Hari ini akan mengajar IPA pada topik Rangkaian Listrik Seri dan Rangkaian Listrik Paralel. Untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar berlangsung dengan baik, pada pertemuan sebelumnya Pak Rahmat telah menugaskan kepada para siswanya untuk mempersiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan tiap kelompok karena dalam pembelajarannya beliau ingin menerapkan pendekatan induktif dengan metode eksperimen dan diskusi. Harapannya agar para siswa memperoleh pemahaman tentang konsep rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel lebih melekat pada pikirannya, terbiasa menyampaikan gagasan, juga mereka terampil mempraktekannya. Sebagai guru yang baik Pak Rahmat memulai pelajaran dengan menyampaikan salam, mengecek siswa yang tidak hadir saja agar tidak menyita waktu. Kemudian beliau menyampaikan tujuan pelajaran secara lisan, dan menuliskan materi ajar yang akan dipelajari di papan tulis dengan huruf kapital yang jelas. Kemudian Pak Rahmat menempelkan gambar rangkaian listrik sederhana, rangkaian listrik seri, dan rangkaian listrik paralel pada papan tulis yang telah dipersiapkan pada kertas manila sebelumnya, juga menuliskan dan menjelaskan perbedaan rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel secara rinci. Agar materi pelajaran tersebut dirasakan manfaatnya, maka Pak Rahmat menerangkan beberapa penggunaan rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih mengkonkritkan penjelasannya, Pak Rahmat juga mendemonstrasikan ketiga jenis rangkaian listrik tersebut dengan meminjam peralatan dan bahan dari dua kelompok. Sebagian besar siswa terkagum-kagum memperhatikan penampilan Pak Rahmat tetapi tidak seorangpun dari mereka yang menyalin gambar dan mencatat hasil pengamatannya, mereka hanya membuka-buka buku ajar IPA yang dipinjamnya dari perpustakaan. Sebagian kecil siswa menyalin gambar, mencatat pengamatannya, bahkan mempertanyakan mengapa ketika Pak Rahmat mendemonstrasikan rangkaian listrik nyala lampu begitu terang dan dengan sekejap bohlam yang dipakai selalu putus. Pak Rahmat tidak memberikan tanggapan, tetapi menyuruh siswa untuk mencobanya nanti pada tiap kelompok. Selama kegiatan kelompok berlangsung, para siswa sibuk melakukan praktek penyusunan rangkaian listrik, sebagian besar meniru apa yang dilakukan Pak Rahmat, tetapi nampak kebingungan tidak tahu apa yang harus diamati dan dicatatnya. Sementara sebagian kecil menunjukkan bentuk rangkaian secara kreatif, dan membuat catatan dengan lengkap. Sewaktu siswa melakukan percobaan, Pak Rahmat berkeliling menghampiri tiap kelompok, tetapi ia tidak bicara apa-apa, hanya manggut-manggut menunjukkan persetujuannya. Pada akhir pelajaran, Pak Rahmat mengajukan pertanyaan ke seluruh siswa, apa menurut kalian yang menjadi ciri khas rangkaian seri dan rangkaian paralel? Tujuh orang perwakilan kelompok memberikan jawabannya masih keliru, ia merasa kecewa. Kemudian kepada perwakilan kelompok yang dipandang memberikan jawaban tepat, ia minta menunjukkan percobaannya ke seluruh kelas, bagus... bagus... kata Pak Rahmat tanpa meminta penegasan mana yang rangkaian seri dan mana yang paralel. Sekian saja pelajaran IPA kali ini anak-anak, coba kalian di rumah masing-masing buat rangkaian listrik dengan menggunakan 3 pasang lempeng seng dengan paku besi, masing-masing tancapkan pada kentang, kemudian rangkai dan hubungkan dengan lampu kecil. Hasilnya nanti laporkan kepada Bapak pada pelajaran IPA yang akan datang. Pertanyaan: 1. Jika Anda memperhatikan kasus pembelajaran IPA di atas, tuliskan lima kelemahan utama pembelajaran yang disampaikan Pak Rahmat! 2. Jika Anda diminta memperbaiki pembelajaran IPA yang disampaikan Pak Rahmat, tuliskan satu rumusan masalah sesuai dengan pendekatan dan metode pembelajaran yang ingin dikembangkan Pak Rahmat! 3. Jika Anda yang akan mengajarkan topik tersebut di kelas yang sama, susunlah langkah-langkah pembelajaran yang akan Anda tempuh mulai dari membuka pelajaran, melaksanakan kegiatan inti, sampai dengan penutupan pelajaran. Untuk setiap langkah, uraikan secara jelas apa yang dilakukan oleh guru dan murid. Berikan alasan singkat untuk setiap langkah yang Anda cantumkan. Alasan tersebut dapat bersumber dari teori yang Anda kuasai atau dari pengalaman Anda sendiri sebagai guru. 25 10 65 Buku Panduan Tugas Akhir Program Program Sarjana FKIP Edisi ke-12 hal 104


Jawaban:

56 cm dan 45 dengan cara 13cm


15. Dalam mendesain alat peraga IPA di SD meliputi merancang, memilih dan membuat alat peraga IPA yang sesuai untuk mengajarkan suatu konsep, prinsip dan teori-teori IPA di SD. Apabila kita mempunyai konsep dasar : “Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.”. Mapel IPA kelas IV/1, maka buatlah alat peraga “Turbin tenaga air” yang sesuai dengan KD di atas, dengan urutan: a. Alat dan bahan yang dibutuhkan b. Prosedur pembuatan c. Cara kerja alat peraga


Jawaban:A. Alat dan bahan yang dibutuhkan

   -> Alat

Obeng Palu, Alat bor listrik Gergaji besi Gunting seng Solder

    -> Bahan

Papan Alas dari kayu (50 cm x 20 cm) 2 macam Plat Aluminium : (A tebal 1 mm) 125 cm x 3 cm ; (B tebal 0,25 mm) 100 cm x 25 cm Balok kayu Kincir air sederhana As (silinder aluminium) Kabel listrik kecil 50 cm Dinamo Lampu LED 0,5 W Lem Alteco kecil Lem Tembak kecil 2 buah Karet gelang Orin Rol 5 buah 2 butir Skrup 2 Penjepit buaya Minyak Pelumas

B. Prosedur PembuatanSiapkan alat dan bahan, kemudian pasang kayu pada papan alas. Potong plat aluminium A, lalu letakkann diatas balok kayuAtur aluminium B menjadi tempat aliran air dengan lengkungan yang tepat. Lalu buat lubang untuk skrup sebanyak 13 titik.Rangkai listrik tersebut menggunakan dinamo. Gunakan 2 skrup pada rangkaian agar kuat.Solder 2 kabel pada 2 titik aliran listrik pada dinamo. Lalu sambung kabel menggunakan penjepit buaya.Jepit lampu LED pada kedua penjepit buaya tempat kabel dihubungkanLetakkan kincir, sistem dan 2 gelang orin pada sistem dengan kuat. Tambahkan penahan AS untuk memperkuat sistem.Putar kincir menggunakan tangan, jika lampu LED menyala maka turbin air sudah bisa digunakan dan dialiri dengan air.

C. Cara kerja alat peraga

   Turbin air bekerja dengan cara merubah energi potensial (dari air yang dialiri) menjadi energi mekanik (Lampu LED yang menyala).

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang  turbin air pada

brainly.co.id/tugas/3744461

#BelajarBersamaBrainly


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Bahan Ajar Ipa Sd"