Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Bergambar Untuk Anak Sd


Cerita Bergambar Untuk Anak Sd

Bupena Jilid 3A untuk SD/MI Kelas IIISetelah itu, ceritakan pendapatmu terhadap sikap yang dilakukan olehanak dalam gambar pada kolom berikut!Pendapatku tentang sikap anak dalam gambar adalah​

Daftar Isi

1. Bupena Jilid 3A untuk SD/MI Kelas IIISetelah itu, ceritakan pendapatmu terhadap sikap yang dilakukan olehanak dalam gambar pada kolom berikut!Pendapatku tentang sikap anak dalam gambar adalah​


Jawaban:

Jawabannya adalah...........

gak tau karena saya gak punya bukunya

Penjelasan:


2. 37. Bacalah paragraph di bawah ini!Jumlah peserta didik kelas 5 SD Bhineka ada 24 peserta didik. Suatu hari dalampembelajaran SBDP guru memberikan tugas kepada setiap peserta didiknya untukmembaca dan memahami isi cerita pada satu buku bacaan yang diberikan, 12 anakmendapatkan bacaan yang berbentuk komik dan 12 anak lainnya mendapatkan bacaanberbentuk gambar cerita. Diakhir pertemuan guru tersebut mendapati semua anakyang mendapat bacaan berbentuk komik menyelesesaikan bacaannya hingga akhir danmampu menjelaskan secara singkat isi ceritanya, sedangkan anak yang mendapatbacaan berbentuk gambar cerita hanya 5 anak yang menyelesaikan bacaanya danmampu menjelaskan isi ceritanya.Berikan simpulan dari ilustrasi di atas dan berikan alasannya!​


kak ini nanti gak ndnjsmnjsndnnf


3. ibu Pratiwi mengajar di kelas 1 SD. suatu hari,ibu Pratiwi membacakan sebuah cerita. Anak-anak mendengarkan dengan sungguh-sungguh. Setelah selesai membacakan cerita tersebut Bu Pratiwi bertanya kepada anak-anak.Bu Pratiwi "siapa anak yang pintar dalam cerita tadi? Anak-anak menjawab serentak, "Dewi". Bu Pratiwi "bagus sekali anak-anak, sekarang coba tulis nama Dewi dibuku masing-masing. semua anak segera menulis. Bu Pratiwi berkeliling mengamati anak-anak menulis. Setelah semua anak kelihatan selesai menulis, Bu Pratiwi meminta seorang anak maju ke depan untuk menuliskan kata Dewi di papan tulis. Bu Pratiwi "siapa yang tulisannya sama dengan yang dipapan tulis? semua anak mengangkat tangan. Bu Pratiwi melanjutkan pertanyaan. Bu Pratiwi "Dewi tinggal dimana anak-anak? yang menjawab angkat tangan" Semua anak mengangkat tangan. Bu Pratiwi menunjuk seorang anak, Tika "di desa Bu". dari jawaban ini, Bu Pratiwi mengajak anak-anak bercerita tentang jenis-jenis tumbuhan yang ada di desa, tentang sawah, tentang penerangan yang digunakan orang-orang di desa, tentang jual beli di pasar desa, dan tentang sungai yang airnya sangat jernih dengan ikan-ikan yang berenang hilir mudik. Cerita itu menjadi menarik karena Bu Pratiwi juga membawa gambar-gambar yang menarik tentang desa yang dipajangnya di papan tulis.pertanyaan:1. Dilihat dari topik-topik yang dicakup dalam pembelajaran diatas, model pembelajaran apa yang diterapkan oleh Bu Pratiwi? Jelaskan secara singkat 3 (tiga) karakteristik model pembelajaran tersebut.2. Apakah model tersebut sesuai untuk anak kelas 1? Dukung jawaban anda dengan 3 (tiga) alasan yang terkait dengan perkembangan anak dan teori​


s1 jawaban nya : Berpusat pada siswa (student centered). Pada dasarnya pembelajaran terpadu merupakan suatu sistem pembelajaran yang memberikan keleluasaan kepada siswa baik secara individu maupun secara kelompok. Siswa aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip dari suatu pengetahuan yang harus dikuasainya sesuai dengan tingkat perkembangan mereka.

Menekankan pembentukan pemahaman dan kebermaknaan. Pembelajaran terpadu mengkaji suatu fenomena dari berbagai macam aspek yang membentuk semacam jalinan antarskemata yang dimiliki oleh siswa, sehingga akan berdampak pada kebermaknaan dari materi yang dipelajari siswa. Hasil nyata yang didapat dari segala konsep yang diperoleh dan keterkaitannya dengan konsep-konsep lain yang dipelajari, dan mengakibatkan kegiatan belajar menjadi lebih bermakna. Dengan ini, dapat diharapkan kemampuan siswa untuk menerapkan perolehan belajaranya pada pemecahan masalah-masalah nyata dalam kehidupannya.

Belajar melaui proses pengalaman langsung. Pada pembelajaran terpadu siswa diprogramkan untuk terlibat secara langsung pada konsep dan prinsip yang dipelajari dan memungkinkan siswa belajar dengan melakukan kegiatan secara langsung, sehingga siswa akan memahami hasil belajarnya sesuai dengan fakta dan peristiwa yang mereka alami, bukan sekedar informasi dari gurunya. Guru lebih banyak bertindak sebagai fasilitator yang membimbing ke arah tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan siswa, berperan sebagaipencari fakta dan informasi untuk mengembangkan pengetahuannya

Lebih memperhatikan proses daripada hasil semata. Pada pembelajaran terpadu dikembangkan pendekatan penemuan terbimbing (discovery inquiry) yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran terpadu dilaksanakan dengan mempertimbangkan minat dan kemampuan siswa sehingga memungkinkan siswa untuk terus-menerus termotivasi untuk belajar.

Sarat dengan muatan keterkaitan. Pembelajaran terpadu memusatkan perhatian pada pengamatan dan pengkajian suatu gejala atau peristiwa dari beberapa mata pelajaran sekaligus, tidak dari sudut pandangnya yang terkotak-kotak sehingga memungkinkan siswa untuk memahami suatu fenomena pembelajaran dari segala sisi, yang pada gilirannya nanti akan membuat siswa lebih arif dan bijak dalam menyikapi dan menghadapi kejadian yang ada.

Bersifat fleksibel. Pembelajaran terpadu bersifat luwes (fleksibel), dimana guru dapat mengaitkan bahan ajar dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan mengaitkannya dengan kehidupan siswa dan keadaan lingkungan dimana sekolah dan siswa berada.

2. Sesuai dengan cara belajar anak. Anak yang duduk di kelas awal SD dalah anak yang berada pada rentangan usia dini. Masa usia dini merupakan masa perkembangan yang sangat penting dan sering disebut periode emas (the golden years). Siswa pada usia seperti anak kelas 1 SD masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan, satu keterpaduan (berpikir holistik) dan memahami hubungan antar konsep secara sederhana. Piaget (1950) menyatakan bahwa setiap anak memiliki struktur kognitif yang disebut schemata, yaitu sistem konsep yang ada dalam pikiran sebagai hasil pemahaman terhadap objek yang ada dalam lingkungannya. Pemahaman tentang objek tersebut berlangsung melalui proses asimilasi (menghubungkan objek dengan konsep yang sudah ada dalam pikirannya) dan proses akomodasi (proses memanfaatkan konsep-konsep dalam pikiran untuk menafsirkan objek). Belajar dimaknai sebagai proses interaksi anak dengan lingkungannya.

Sesuai dengan tahap perkembangan intelektual anak yang berada pada tahap operasi konkret. Anak-anak belajar dari hal-hal konkret, yakni yang dapat dilihat, dapat didengar, dapat diraba, dapat dirasa, dan dapat dibaui. Proses pembelajaran masih bergantung pada objek-objek konkret dan pengalaman yang dialami mereka secara langsung, di mana hal ini sesuai dengan falsafah belajar bermakna (meaningful learning). Pembelajaran terpadu mengakomodasi kebutuhan anak untuk belajar dari hal-hal yang konkret sebagaimana yang telah dilakukan oleh Ibu Pratiwi. Belajar bermakna merupakan suatu proses dikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Kebermaknaan belajar menghasilkan pemahaman yang utuh sehingga konsep yang telah dipelajari akan dipahami dengan baik dan tak mudah dilupakan.

Saat proses belajar melalui pembelajaran terpadu, setiap anak, termasuk anak kelas 1 SD, tidak sekedar menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka, tetapi juga berupa kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang lebih utuh. Ini juga sejalan dengan falsafah konstruktivisme yang menyatakan bahwa anak mengkonstruksi pengetahuannya melalui interaksi dengan objek, fenomena, pengalaman dan lingkungannya. Pengetahuan tidak dapat ditransfer begitu saja dari seorang guru kepada anak.

JADIIN JAWABAN SAYA TERBAIK YA JANGAN LUPA LIKE DAN BINTANG NYA DAN JANGAN LUPA JUGA FOLLOW SAYA TERIMA KASIHH...


4. Bacalah teks ulasan berikut untuk menjawab soal nomor 5-8!Judul buku : Kumpulan Dongeng Si KancilPenulis : M.B. Rahimsyah A.R.Penerbit : Lingkar MediaTahun terbit : 2013Tebal buku : 122 halamanBuku Kumpulan Dongeng Si Kancil menceritakan kisah kancil yang cerdik. Kancil selalu menggunakan akalnyauntuk mengelabui binatang lain yang hendak memangsanya, meloloskan diri dari kejahatan binatang lain, danmenyelesaikan masalah. Selain itu, kancil memanfaatkan kecerdikannya untuk menolong binatang lain yang sedangdalam masalah.Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil disajikan dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Dengan demikian,pembaca mudah memahami maksud ceritanya. Selain itu buku ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar menariksehingga membuat pembaca tidak mudah bosan. Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi dengan simpulan pesan ceritadi akhir cerita. Jadi, pembaca harus menyimpulkan sendiri pesan yang terkandung dalam cerita.Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil sangat cocok dibaca anak terutama anak-anak tingkat SD dan SMP. Selain itu,buku ini cocok dibaca oleh orang tua kepada anaknya yang masih sekolah TK. Cerita-cerita yang terdapat dalam bukuini dapat meningkatkan daya pikir dan daya imajinasi anak.5. Ide pokok paragraf kedua teks ulasan tersebut adalah ...A. Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil tidak dilengkapi simpulan pesan.B. Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil dilengkapi ilustrasi menarik.C. Kelebihan dan kekurangan buku Kumpulan Dongeng Si KancilD. Pembaca mudah memahami isi buku Kumpulan Dongeng Si Kancil.6. Paragraf ketiga teks ulasan tersebut merupakan struktur teks bagian ....A. orientasiB. analisisC. evaluasiD. rekomendasi​


Jawaban:

5.a

6.a.orientasi

Penjelasan:

semoga

5.C.kelebihan dan kekurangan buku kumpulan dongeng si kancil

6.D.Rekomendasi


5. Bupena itd 2B untuk SD/MI Kelas BAyo BerlatihMenemukan arti kosakata dalam teksMemasangkan kosakata berdasarkan gambarMenceritakan pengalaman melakukan kerja bakti di sekolahKerjakan soal-soal berikut!1. Bacalah teks di bawah ini!Lani anak yang ramah.la mempunyai banyak teman.Lani tidak pernah membeda-bedakan teman.Ketika belajar, ia mau membentuk kelompok dengan siapa saja.la juga mau bekerja sama kettia mengerjakan tugas kelompok.Lani selalu menghormati pendapat teman yang lain.Lani tidak bersikap mau menang sendiri.a. Carilah arti kosakata yang dicetak tebalpada teks di atas!b. Tuliskan arti setiap kata tersebut di buku tugasmu!2. Pasangkan gambar dengan kosakata yang tepat!Tuliskan arti dari kosakata tersebut!kelompokramahbekerja sama3. Ceritakan pengalamanmu melakukan kerja bakti di sekolah!​


Jawaban:

yang lulusan bercetak tebal nya mana

dan gambar apa

dan kalo cerita mah cerita kamu


6. Cerita yang berjudul “Segelas Air untuk Guruku” mengangkat sebuah tema [1]..................... Cerita ini mengisahkan seorang siswa SD kelas V. Ia seorang anak yang mempunyai sifat [2]............... Setiap [3].......... sebelum sekolah ia selalu membantu ibunya di [4]........... yang terletak di [5]................ Dalam cerita tersebut ada [6]............. tokoh. Anis adalah [7]................., sedangkan bu Arin dan ibu [8]............ Bu Arin digambarkan sebagai seorang guru yang [9]................ [10]............. dialami tokoh utama ketika air minum yang disiapkan tidak diminum oleh ibu guru. [11] ...............permasalahan memuncak ketika Arin diajak berbicara dengan bu Arin. Kehidupan tokoh yang miskin menjadi [12] ................. yang cukup menarik. Pengarang sangat lihai dalam menyusun pusat pengisahan dengan menggunakan sudut pandang [13] .......... yang menempatkan tokoh dengan menyebut nama atau kata gantinya. Pengarang juga mampu menghidupkan cerita dengan menggunakan gaya bahasa konkret yang menggunakan [14]............., tiruan bunyi lonceng sekolah.


maaf saya cuman cari poin untuk pr saya
#pr sisa 6 soal

7. Isilah paragraf rumpang berikut dengan jawaban yang tepat berdasarkan cerita yang telah Saudara dengarkan. Cerita yang berjudul “Segelas Air untuk Guruku” mengangkat sebuah tema [1]..................... Cerita ini mengisahkan seorang siswa SD kelas V. Ia seorang anak yang mempunyai sifat [2]............... Setiap [3].......... sebelum sekolah ia selalu membantu ibunya di [4]........... yang terletak di [5]................ Dalam cerita tersebut ada [6]............. tokoh. Anis adalah [7]................., sedangkan bu Arin dan ibu [8]............ Bu Arin digambarkan sebagai seorang guru yang [9]................ [10]............. dialami tokoh utama ketika air minum yang disiapkan tidak diminum oleh ibu guru. [11] ...............permasalahan memuncak ketika Arin diajak berbicara dengan bu Arin. Kehidupan tokoh yang miskin menjadi [12] ................. yang cukup menarik. Pengarang sangat lihai dalam menyusun pusat pengisahan dengan menggunakan sudut pandang [13] .......... yang menempatkan tokoh dengan menyebut nama atau kata gantinya. Pengarang juga mampu menghidupkan cerita dengan menggunakan gaya bahasa konkret yang menggunakan [14]............., tiruan bunyi lonceng sekolah.


1.tema sosial
2.Baik hati sopan dan suka menolong.
3.hari
4.dirumah
5.didapur
6.satu
7.guru
8.anti
9.sombong
10.hal itu
11.selanjutnya
12.hal
13.orang lain
14.sebuah
Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah sebagai berikut:1. Tema: perhatian dan kasih sayang
Tema cerita tersebut wujud perhatian, kasih sayang, dan rasa terima kasih siswa terhadap gurunya.Sifat penolong
Tokoh dalam cerita ini memiliki sifat penolong, yang ditunjukkan dengan kesibukannya setiap hari membantu ibunya menyiapkan dagangan.Latar pagi
Latar waktu dalam cerita ini adalah pagi hari dengan suasana sebalum masuk sekolahWarung
Warung merupakan latar tempat yang terdapat dalam cerita ini.Belakang sekolah
Berdasarkan cerita yang dibacakan warung milik ibu dalam tokoh cerita ini terletak di belakang sekolah yang sekaligus juga menunjukkan latar tempat. yang lebih spesifik.Tiga
Dalam cerita ini ada tiga tokoh yaitu, Anis, Ibu, dan Ibu guru Arin.Tokoh utama
Anis adalah tokoh utama dalam cerita ini karena Anis lebh sering hadir dalam cerita dibandingkan tokoh lain.Tokoh tambahan
Bu guru Arin merupakan tokoh tambahan dalam cerita ini. Menurut Burhan Nurgiyantoro dari fungsinya tokoh dapat digolongkan menjadi tokoh utama dan tokoh sampingan.Menyenangkan
Bu Arin dalam cerita ini digambarkan sebagai guru yang menyenangkan yang dapat Saudara dengarkan dalam bagian bu Arin mengajar dengan gaya yang menarik.Konflik batin
Konflik batin dialami oleh tokoh ketika air minum yang biasa ia siapkan tidak diminum oleh ibu guru. Untuk mengetahui hal ini Saudara dapat dengarkan kembali kecamuk batin dalam diri tokoh yang dirasuki rasa kecewa dan sedih.Klimaks
Kelanjutan konflik batin yang dialami tokoh mencapai klimaks atau puncak ketika tokoh utama  diajak berbicara dengan ibu guru Arin.Latar sosial
Keadaan keluarga yang miskin merupakan latar sosial dalam cerita ini. Berdasarkan teori analisis pengkajian fiksi latar dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar sosial.Dia
Dia merupakan sudut pandang atau gaya penceritaan tokoh. Menurut Burhan Nurgiyantoro, gaya penceritaan atau sudut pandang “dia” atau “diaan” menempatkan narator di luar cerita yang biasanya dilakukan dengan penyebutan tokoh cerita maupun penyebutan kata gantinya.Anamatope
Untuk menghidupkan suasana penulis cerita menggunakan bahasa yang dikonretkan dengan menggunakan anamatope yaitu tiruan bunyi yang berupa tiruan bunyi lonceng sekolah.

SEMOGA BERMANFAAT..

8. Cerita yang berjudul “Segelas Air untuk Guruku” mengangkat sebuah tema [1]..................... Cerita ini mengisahkan seorang siswa SD kelas V. Ia seorang anak yang mempunyai sifat [2]............... Setiap [3].......... sebelum sekolah ia selalu membantu ibunya di [4]........... yang terletak di [5]................ Dalam cerita tersebut ada [6]............. tokoh. Anis adalah [7]................., sedangkan bu Arin dan ibu [8]............ Bu Arin digambarkan sebagai seorang guru yang [9]................ [10]............. dialami tokoh utama ketika air minum yang disiapkan tidak diminum oleh ibu guru. [11] ...............permasalahan memuncak ketika Arin diajak berbicara dengan bu Arin. Kehidupan tokoh yang miskin menjadi [12] ................. yang cukup menarik. Pengarang sangat lihai dalam menyusun pusat pengisahan dengan menggunakan sudut pandang [13] .......... yang menempatkan tokoh dengan menyebut nama atau kata gantinya. Pengarang juga mampu menghidupkan cerita dengan menggunakan gaya bahasa konkret yang menggunakan [14]............., tiruan bunyi lonceng sekolah.


Cerita yang berjudul “Segelas Air untuk Guruku” mengangkat sebuah tema [1] KASIH SAYANG DAN PERHATIAN. Cerita ini mengisahkan seorang siswa SD kelas V. Iaseorang anak yang mempunyai sifat [2] PENOLONG. Setiap [3] PAGI sebelum sekolah ia selalu membantu ibunya di [4] WARUNG yang terletak di [5] BELAKANG SEKOLAH. Dalam cerita tersebut ada [6] TIGA tokoh. Anis adalah [7] TOKOH UTAMA, sedangkan bu Arin dan ibu [8] TOKOH PENDAMPING. Bu Arin digambarkan sebagai seorang guru yang [9]BAIKHATI. [10] KONFLIK BATIN dialami tokoh utama ketika air minum yang disiapkan tidak diminum oleh ibu guru. [11] KLIMAKS permasalahan memuncak ketika Arin diajak berbicara dengan bu Arin. Kehidupan tokoh yang miskin menjadi [12] LATAR SOSIAL yang cukup menarik. Pengarang sangat lihai dalam menyusun pusat pengisahan dengan menggunakan sudut pandang [13] DIA yang menempatkan tokoh dengan menyebut nama atau kata gantinya. Pengarang juga mampu menghidupkan cerita dengan menggunakan gaya bahasa konkret yang menggunakan [14] ANAMATOPE, tiruan bunyi lonceng sekolah.

9. Judul bukuPenulisPenerbitTahun terbitTebal bukuKumpulan Dongeng Si Kancil:M.B. Rahimsyah A.R.Lingkar Media2013: 122 halamanBuku Kumpulan Dongeng Si Kancil menceritakan kisah kancil yang cerdik. Kancilselalu menggunakan akalnya untuk mengelabui binatang lain yang hendak memangsanya, meloloskan diri dari kejahatan binatang lain, dan menyelesaikan masalah. Selain itu kancil memanfaatkan kecerdikannya untuk menolong binatang lain yang sedang dalam masalah. Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil disajika dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Dengan demikian, pembaca mudah memahami maksud ceritanya. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar menarik sehingga membuat pembaca tidah mudah bosan. Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi dengan simpuanpesan cerita di akhir cerita. Jadi, pembaca harus menyimpulkan sendiri pesan yangterkandung dalam cerita. Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil sangat cocok dibaca anak terutama anak anak tingkat SD dan SMP. Selain itu, buku ini cocok dibacakan oleh orang tua kepada anaknya yang masih sekolah TK. Cerita-cerita yang terdapat dalam buku ini dapat meningkatkandaya pikir dan daya imajinasi anak.TUGAS:1. Termasuk jenis yang mana teks ulasandi atas!#jamin jawaban tercerdas√​


Bab Jenis Cerita

Sekolah Dasar Kelas V

Si Kancil >>> fabel

Fabel adalah cerita mengenai sebuah hewan


10. ini soal matematika kelas 4 SD.soal ini dikerjakan untuk umum yg tahu matematika. jika tidak bisa matematika tidak usah diisi dan jika bisa matematika diisi ya ^___^*. saya tunggu jam 13.10 terimakasih1. Kumpulan titik secara teratur membentuk dan berkesinambungan disebut.........a. SudutC.TitikC.b. Garisd. Panjang garis2. Garis yang berpotongan tegak lurus dengan garis yang lain disebut garis........a. Garis lurusGaris tegak lurusb. Garis berimpitd. Garis berpotongan3. Perhatikan gambar garis berikut.1)2)3)4)XGaris sejajar terdapat pada nomor ........a. Nomor 1C. Nomor 3b. Nomor 2d. Nomor 4Gambar untuk soal no 4-6soal cerita untuk no4-6di foto!4. Siswa yang memiliki nilai 85 ada ...... anak.a. 5 anakc. 10 anakb. 9 anakd. 14 anak5. Siswa yang memiliki nilai tertinggi ada ...... anak.a. 5 anakc. 14 anakb. 9 anakd. 7 anak​


✧˚₊‧୭ Answered By CutieBean 医ゾの  ୭‧₊˚✧

1. B. Garis.

2. D. Garis Berpotongan.

3. - Tidak Ada Garis.

4. A. 5 Anak.

5. D. 7 Anak.

ೄྀ Detail Jawaban ✧

Kelas : VII

Mata pelajaran : Matematika

Bab :  -

Kode soal : 7.14.4

       Good Luck Squad!!! Jika Membantu Jadikan Jawaban Terbaik Ya!!!

= = = = = = = = = = =

#StayAtHome

(✿´‿`)

Jangan Lupa Tap ❤️ Dan ⭐⭐⭐⭐⭐ Ya!

╯▅╰╱▔▔▔▔▔▔▔╲╯╯☼

▕▕╱╱╱╱╱╱╱╱╱╲╲╭╭

▕▕╱╱╱╱╱╱╱╱┛▂╲╲╭

╱▂▂▂▂▂▂╱╱┏▕╋▏╲╲

▔▏▂┗┓▂▕▔┛▂┏▔▂▕▔

▕▕╋▏▕╋▏▏▕┏▏▕╋▏

▕┓▔┗┓▔┏▏▕┗▏┓▔┏▏

( Follow : CutieBean ✧◝(⁰▿⁰)◜✧ )

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •


11. Cerita yang berjudul “Segelas Air untuk Guruku” mengangkat sebuah tema [1]..................... Cerita ini mengisahkan seorang siswa SD kelas V. Ia seorang anak yang mempunyai sifat [2]............... Setiap [3].......... sebelum sekolah ia selalu membantu ibunya di [4]........... yang terletak di [5]................ Dalam cerita tersebut ada [6]............. tokoh. Anis adalah [7]................., sedangkan bu Arin dan ibu [8]............ Bu Arin digambarkan sebagai seorang guru yang [9]................ [10]............. dialami tokoh utama ketika air minum yang disiapkan tidak diminum oleh ibu guru. [11] ...............permasalahan memuncak ketika Arin diajak berbicara dengan bu Arin. Kehidupan tokoh yang miskin menjadi [12] ................. yang cukup menarik. Pengarang sangat lihai dalam menyusun pusat pengisahan dengan menggunakan sudut pandang [13] .......... yang menempatkan tokoh dengan menyebut nama atau kata gantinya. Pengarang juga mampu menghidupkan cerita dengan menggunakan gaya bahasa konkret yang menggunakan [14]............., tiruan bunyi lonceng sekolah.


1. Tema: perhatian dan kasih sayang
2. Sifat penolong
3. Latar pagi
4. Warung
5. Belakang sekolah
6. Tiga
7. Tokoh utama
8. Tokoh tambahan
9.Menyenangkan
10. Konflik batin
11. Klimaks
12. Latar sosial
13. Dia
14. Anamatope


12. Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini. "Seru dan menantang!" kata mereka. Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar, "Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!" ejeknya. "Ah, aku tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri denganmu, Hendra." Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga tidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal. Begitulah gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain. Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan. 1 Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks! Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di atas? Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?jawab tugas adek ku y kk ​


Jawaban:

1.perbedaan warna kulit,adat,kebiasaan,bahasa,dan agama

Edo dan kawan" menyikapinya dengan cara tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda.


13. Th, Dayumau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitammeriperkenalkan permainan inianak yang digemari di sano. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD NusantaraTimur Pemainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainanserang sekali mengenal permainan baru ini.“Seru dan menantang!" kata mereka.warna kulit dat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggapAnak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaansebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu.ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar,harilaluteman baruyanes berasal dari Alor Nusa TenggoroYanesyangyangmereka,beberapaBaruNanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!" ejeknya.-Ah, aku tak pernah pusing dengan warnakulit tak pernah pusing dengantetapi kami saling memahami Pertemanan hanya butuh waktu untuk salingmenyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri denganmu.Hendra," balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia jugatidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.Begitulah gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun.bekerja sama, dan bersatu walaupun mereka berbeda-beda. Wawasanmereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain.semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional.Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yangmenyenangkan.Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks!Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di atas?Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?Subtema 2: Bekerja Sama Mencapai Tujuan​


Jawaban:

PERBEDAAN :

1.warna kulit

2.bahasa

3.kebiasaan

4.agama

5.permainan tradisional

Penjelasan:

semoga membantu


14. baru berapa hari yang lalu teman baru mereka yang es yang memperkenalkan permainan ini yang berasal dari Alor Nusa tenggara timur permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana Edo Dayu dan teman-teman di SD Nusantara'senang sekali mengenal permainan baru ini seru dan menantang kata mereka anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya perbedaan molekul itu ada kebiasaan bahasa atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah semua akrab bermain bersama pernah sekali waktu ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu Hendra berkomentar Dayu mau nanya kamu bermain dengan posisiEdo yang berkulit hitam nanti kulitnya yang putih tertular hitam ihorejekinya ah aku tak pernah bosan dengan warna kulit tak pernah pusing dengan asal daerah aku dan Siti pun berbeda aku anak Bali anak Sumatera tetapi kami saling memahami pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan mu Hendra balas Dayu tenang Hendra pun terdiam sesungguhnya ia juga tidak pernah mengalami masalah dengan teman yang berbeda asal begitulah gambar keseharian di SD Nusantara anak-anak tetap rukun bekerja sama dan bersatu walaupun mereka berbeda-beda wawasan mereka semakin kaya karena mengenai adat dan bahasa daerah lain semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional rangku alu batik gobak sodor atau cingciripit menjadi perekat yang menyenangkanjawablah pertanyaan berdasarkan teks berikut!1. apa perbedaan yang kamu temukan dalam cerita diatas?2.bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?3.apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan kerja sama jelaskan?​4. apa manfaat yang kita peroleh kita mampu bekerja sama dengan orang yang berbeda?5. pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? berikan contoh6. bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? jelaskan7.jelaskan manfaat kerjasama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari


Penjelasan:

semoga membantu.... dan jadikan jawaban terbrainly☺


15. Judul buku : Kumpulan Dongeng Si KancilPenulis : M.B. Rahimsyah A.R.Penerbit : Lingkar MediaTahun terbit : 2013Tebal buku : 122 halamanBuku Kumpulan Dongeng Si Kancil menceritakan kisah kancil yang cerdik. Kancil selalu menggunakan akalnya untuk mengelabui binatang lain yang hendak memangsanya, meloloskan diri dari kejahatan binatang lain, dan menyelesaikan masalah. Selain itu, kancil memanfaatkan kecerdikannya untuk menolong binatang lain yang sedang dalam masalah.Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil disajikan dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Dengan demikian, pembaca mudah memahami maksud ceritanya. Selain itu buku ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar menariksehingga membuat pembaca tidak mudah bosan. Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi dengan simpulan pesan cerita di akhir cerita. Jadi, pembaca harus menyimpulkan sendiri pesan yang terkandung dalam cerita.Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil sangat cocok dibaca anak terutama anak-anak tingkat SD dan SMP. Selain itu, buku ini cocok dibaca oleh orang tua kepada anaknya yang masih sekolah TK. Cerita-cerita yang terdapat dalam buku ini dapat meningkatkan daya pikir dan daya imajinasi anak.1. Ide pokok paragraf kedua teks ulasan tersebut adalah ...A. Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil tidak dilengkapi simpulan pesan.B. Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil dilengkapi ilustrasi menarik.C. Kelebihan dan kekurangan buku Kumpulan Dongeng Si KancilD. Pembaca mudah memahami isi buku Kumpulan Dongeng Si Kancil.2. Paragraf ketiga teks ulasan tersebut merupakan struktur teks bagian ....A. orientasiB. analisisC. evaluasiD. rekomendasi​3. Kekurangan teks ulasan tersebut tidak mengandung unsur ...A. identitas karya dan orientasi B. sinopsis dan analisis dan rekomendasi C. analisis dan evaluasi D. evaluasi ​


Jawaban:

1. c

2. a

3. c

Maaf Kalo salah:)

btw bagi wa nya lah:v


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Cerita Bergambar Untuk Anak Sd"