Surat Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum 2013 Doc
membandingkan unsur,surat pribadi dan surat dinasKLS 7 KURIKULUM 2013
1. membandingkan unsur,surat pribadi dan surat dinasKLS 7 KURIKULUM 2013
surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk berkomunikasi secara pribadi atau tidak resmi
surat dinas atau yang disebut surat resmi yang di buat oleh instansi untuk dikirim ke perseorangan atau instansi lain yang berisi hal - hal kedinasan
2. Pada tahun 2013, Pemerintah dalam hal ini Kemdikbud meluncurkan kurikulum baru yang bernama “Kurikulum 2013” , menurut analisa anda mengapa kurikulum 2013 tersebut diberlakukan pada saat ini? sudah pantas dan cocokkah kurikulum tersebut diterapkan di Indonesia?Berikan alasannya
Jawaban:
kurikulum 2013 diberlakukan sebagai bentuk pengembangan dari ktsp.
kurikulum tersebut sudah cocok dilakukan bagi sekolah" besar dg kemampuan siswa dan ketersediaan sarana prasarana yg memadai, tapi sampai saat ini masih banyak sekolah yg blm mampu mengaplikasikan k13 karena sarana penunjang yg masih kurang (sekolah kecil)
3. Alasan diberlakukannya kurikulum 2013?
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan kurikulum baru mulai Juli 2013 akan diberlakukan karena kurikulum sebelumnya cukup memberatkan siswa.
"Kurikulum 2006 yang berlaku hingga saat ini, banyak mata pelajaran yang memberatkan siswa, seperti kelas 1 SD yang dianggap semua siswanya sudah bisa menulis dan membaca," ujarnya di hadapan sekitar 600 peserta Sosialisasi Kurikulum 2013 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu.
"Contoh kasus lainnya, pada mata pelajaran IPS halaman 3 Kelas I SD. Dalam buku itu terdapat perintah, yakni Tulislah nama teman-teman di sekolahmu! Ini berarti anak baru masuk SD sudah dianggap mampu menulis," katanya.
Dia mengatakan. tujuan orang tua menyekolahkan anaknya di SD adalah agar bisa membaca, menulis, dan berhitung, sehingga guru harus mengenalkan huruf-huruf dan angka-angka, bukan menyuruh menulis atau membaca karena rata-rata anak belum mampu menulis.
Begitu pula dengan buku IPS halaman I, IPA kelas I halaman I, buku Bahasa Indonesia, dan sejumlah mata pelajaran lainnya untuk kelas I SD. Semua isi buku itu mengasumsikan bahwa anak yang baru masuk SD sudah bisa membaca dan menulis.
"Kalau SD dianggap bisa membaca dan menulis serta berhitung, maka pengenalan huruf sudah dilakukan sejak TK, padahal TK itu bukan sekolah, TK adalah taman kanak-kanak, sedangkan sekolah adalah SD, SMP, SMA," katanya.
Selanjutnya, untuk siswa kelas IV SD, pada buku PPKN yang berisi perintah kepada siswa agar menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan. Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi.
"Anak seusia kelas IV SD tentu saja belum mengerti apa itu organisasi pemerintahan, sehingga pelajaran itu dirasakan berat oleh siswa dan dapat berakibat beban siswa tidak seimbang. Apa siswa SD sudah mau jadi pejabat desa, tentu pelajaran itu perlu tapi ada waktunya," katanya.
Ada pula pelajaran yang diyakini memberatkan siswa kelas IV, misalnya siswa diminta mendiskripsikan hubungan antarstruktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
Selanjutnya ada pula permintaan mendiskripsikan hubungan antara struktur akar tumbuhan dan fungsinya.
"Anak seusia itu tentu belum memahami benar perintah yang tercetak di buku tersebut sehingga perlu adanya perubahan kurikulum," katanya.
Dengan perubahan kurikulum itu, ia mengharapkan kompetensi siswa akan lebih sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.
"Hal terpenting lagi adalah suasana pembelajaran bukan kognitif semata, melainkan juga ada aspek sikap dan ketrampilan serta nilai-nilai. Fokus pada kognitif akan membuat nilai-nilai sikap terabaikan," katanya.Karena pergantian struktural kementrian di Indonesia
4. pemebelajaran yang dilakukan dalam kurikulum 2013 itu apa saja sih
mengamati , memahami, menganalisa , menerapkan, dan yang paling penting mempresentasikan .
#semoga membantu :)kurikulum 2013 itu lebih menuju ke pada siswa yang aktif bukan guru, dan menggunakan sistem menjelaskan sesuatu menggunakan presentasi,belajar kelompok serta di kurikulum 2013 terdapat lintas minat yang kalau kita memilih ipa harus ambil salah satu jurusan ips. dan sebaliknya
5. Sebutkan surat-surat yang harus dihafalkan di kelas xi kurikulum 2013 pada mapel Pendidikan Agama islam . Misal: surat apa ayat berapa . terimakasih
1 Al baqarah ayat 30
2 Al Mujadillah
3 Ad Dukhon
4 Ar Rahman
5 As sajdah
6 Al waqi`ah
*tergantung pada sekolah nyaemberikan yan mana ya :-)
itu semua ada dalam Al Qur'an , tinggal dicari aja nama surahnya di dalam daftar pustaka ok
6. 1. Jelaskan apa perbedan kurikulum 2013 dan kurikulum 2013 revisi?
Jawaban:
Perbedaan K13 dengan K13 Revisi yang lain antara lain:
1.Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tapi tetap “Kurikulum 2013 Edisi Revisi” yang berlaku secara Nasional.
2. Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun “KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP”.
3. Jika ada 2 “nilai praktik” dalam 1 KD , maka yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan “nilai ketrampilan” dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, dan penilaian akhir semester itu sama.
4. pendekatan scientific 5M bukanlah satu2 nya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan.
5. “Silabus kurtilas” edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu “KD, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran”.
Penjelasan:
jadikan jawaban yang terbaik ya
semoga bermanfaat
7. Sebutkan surat-surat yang harus dihafalkan di kelas xi kurikulum 2013 pada mapel Pendidikan Agama islam . Misal: surat apa ayat berapa . terimakasih
1 Al baqarah ayat 30
2 Al Mujadillah
3 Ad Dukhon
4 Ar Rahman
5 As sajdah
6 Al waqi`ah
*tergantung pada sekolah nya memberikan yang mana ya :-)
8. PERATURAN MENTERI YANG MENGATUR PEMBERLAKUAN KURIKULUM 2006 DAN 2013 ADALAH
Permendikbud nomor 160 tahun 2014
9. MENGAPA KURIKULUM 2013 DI BUAT ? KURIKULUM 2013 TERLIHAT SAMA SAJA DENGAN KURIKULUM TAHUN 1970-AN. LALU APAKAH BEDANYA ? MANFAATNYA DAN AKIBAT BURUK DARI PERGANTIAN KURIKULUM YANG TERJADI . DAN MENGAPA DI KTSP DI ADAKAN PELAJARAN TI ? BUAT APA ? APAKAH DIKURIKULUM 2013 DI HAPUS ?
Ini bukan pendapat saya :D
Ini pendapat dari guru, Mentri pendidikan, dan karyawan di sekolah saya :D
Kalau saya sih ikut - ikut aja nggak peduli kurikulum diganti menjadi 2013.
Berikut pendapat - pendapat itu :
1. Mengapa ? : agar peserta didik dapat lebih bekerja kelompok dan dapat belajar sendiri, guru hanya sebagai pengawas.
2. Terlihat sama ? : Saya belum tau pendapat yang ini :D
3. (ini pendapat saya berdasarkan pengalaman)
Manfaat :
- Siswa lebih mudah bicara didepan
- Siswa dapat bekerja secara berkelompok
- Siswa dapat belajar sendiri tanpa dampingan guru
Kekurangan :
- Terdapat siswa yang mendapat nilai jelek, karena cara mengajar guru tidak sesuai.
- Lebih membuang waktu di bagian presentasi.
- Tunggu di 2 tahun mendapat :D
4. Pelajaran TIK :pada KTSP sudah banyak siswa yang lebih pintar daripada gurunya dibidang TIK, sehinga pada kurikulum 2013ini TIK ditiadakan.
5. Belum tau, tunggu 6 - 10 tahun mendatang :D
10. Peraturan Menteri yang mengatur pemberlakuan kurikulum 2006 dan 2013 adalah
jawabannya adalah permendikbud
11. peraturan mentri yang mengatur pemberlakuan kurikulum 2006 dan 2013 adalah
nshsbevevjeoebs jdoanw fidismsJakarta, 17 Desember 2014 --- Untuk mengatur lebih lanjut pelaksanaan Kurikulum 2013, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013.
12. 1.kapan kurikulum 2013 diterapkan?2.apa yang terjadi dengan implementasi kurikulum 2013?3.apa nama kurikulum sebelum kurikulum 2013 diimplementasikan?
Jawaban:
1.15 Juli
2.Mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan komunikasi,
3.kurikulum 2006,(KTSP)
Penjelasan:
#SemogaMembantu☺️
13. Pemerintah reformasi melakukan beberapa kali perubahan kurikulum.salah satunya kurikulum 2013.bagajmna penekanan kurikulum 2013
kurikulum 2013 menekankan pada keaktifan dari siswa dalam belajar dan penggunaan teknologi serta akhlak dari siswa juga sangat diperhatikan.
14. jelaskan masing-masin lima perbedaan antara kurikulum 2013 dan kurikulum 2013 yang sudah di revisi?
kurikulum 2013 fullday
kurikulum 2013 revisi peningkatan kualitas anak
15. Pernyataan/Kalimat artikel berupa fakta dan menggunakan Ejaan [huruf] yang tepat adalaha. Kurikulum ktsp berbeda dengan kurikulum 2013 hal ini sesuai Sisdiknasb. Kurikulum KTSP berbeda dengan kurikulum 2013 hal ini sesuai sisdiknasc.Kurikulum KTSP berbeda dengan kurikulum 2013 hal ini sesuai Sisdiknas.d. Kurikulum KTSP berbeda dengan kurikulum 2013 hal ini meurut Undang 2 Sisdiknase. Kurikulum KTSP berbeda dengan kurikulum sebelumnya hal ini sesuai sisdiknas
Jawaban:
c Jawaban adalah c
jangan lupa like dan follow jawaban ku selalu benar
Posting Komentar untuk "Surat Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum 2013 Doc"